WASPADA !! PENIPUAN Dengan Modus Mandiri E-CASH

Baru saja beberapa jam yang lalu saya hampir tertipu oleh seseorang yang ingin membeli barang saya di salah satu situs jual beli online. Awalnya si penipu ini add pin BBM saya, kemudian menanyakan perihal barang yang saya jual di situs online. Anehnya si penipu ini  bilang, "gan jual barang apa aja?". Dengan tidak ada pikiran yang buruk sangka saya pun otomatis menjawab barang apa saja yang saya jual di situs online. Kemudian transaksi pun berlanjut sampai ada kata sepakat dari kedua belah pihak mengenai harga. Dan si penipu ini pun memberikan alamat dengan menunjukan KTP-nya. Nah, saat akan melakukan transaksi si penipu ini bilang dia mau transaksi menggunakan Mandiri e-cash. 

Karena saya memang belum paham soal transaksi ini, si penipu ini pun menjelaskan mengenai penggunaan Mandiri e-cash, lengkap dengan foto yang dia ambil dari website mandiri. Oke kemudian percakapan di BBM pun secara kasar terjadi seperti ini :

Penipu : gan klo buat transaksi Mandiri e-cash itu minimal saldo harus ada 550rb supaya nanti uangnya bisa langsung diambil di ATM.

Saya : oh gtu ya gan, tapi saldo ATM saya ga nyampe 550rb.. gmn dong?

Penipu : emang saldo di ATM agan ada berapa?

Saya : (dalam hati : lho kenapa ini orang malah nanyain saldo ATM saya.. ) ada kurang lebih 300rb-an gan.

Disini saya mulai curiga.

Penipu : oh iya gpp ko gan, bisa ke ATM sekarang?

Saya : bentar gan (saya memang posisi sedang di kantor dan sedang ada kerjaan)

Penipu : PING! PING! PING! bisa sekarang gan ke ATM-nya?

Saya : (sudah makin curiga) oke gan ini saya ke ATM sekarang (saya memang berangkat ke ATM terdekat dari kantor)

Saya : ini saya sudah di ATM gan.

Penipu : oh oke, bisa tolong fotoin saldonya ga gan? biar ga ada saling curiga, jadi nanti bisa keliatan klo saldonya nambah.

Saya : oke gan ini paling saya ada struk transaksi terakhir (saya foto lalu kirim lewat BBM).

Penipu : kalo bisa fotoin yang dilayar ATM gan.

Saya : oke ini gan, sama kan saldonya?

Penipu : ga muncul gambarnya gan.

Saya : oh iya ini BBM saya tiba-tiba force close terus, maklum pake windows phone.

Penipu : boleh minta no tlp gan?

Saya : ini gan

Kemudian si penipu ini pun menghubungi saya.

Penipu : halo, asalamualaikum..

Saya : walaikum salam, gmn gan sudah transfernya?

Penipu : agan sudah di ATM?

Saya : sudah gan.

Penipu : oke skrg coba agan masukin kartu ATM nya, masukan PIN-nya lalu pilih bahasa inggris.

Saya : lho knp harus bahasa inggris?

Penipu : ga apa apa gan nanti saya pandu. nanti masuk menu pilihan ................. (ga jelas disini dia ngomong apaan)

Saya : ga ada menu itu gan (menu yang dia maksud)

Penipu : oke coba diulang gan.

Saya : sudah gan, tetap tidak ada menu itu.

Penipu : coba ulangi lagi sekarang pake yang bahasa indonesia.

Saya : oke sudah gan.

Penipu : sekarang masuk menu transaksi lainnya, lalu pilih menu ................ (ga jelas lagi)

Saya : ga ada gan..

Penipu : oh coba ulangi lagi. sekarang ada menu pembayaran elektronik (klo saya tidak salah).

Saya : oke ini sudah masuk.

Penipu : sekarang pilih yang Mandiri e-cash.

Saya : oke sudah.

Penipu : oke sekarang pilih yang isi saldo.

Saya : lho kenapa harus pilih menu isi saldo? saya kan kesini bukan untuk mengeluarkan uang!

Penipu : itu harus registrasi dulu supaya uangnya bisa di transfer ............. (lalu ngomong tidak jelas lagi)

Saya : ngapain saya harus ini saldo? punya Mandiri e-cash saja tidak!

Penipu : yasudah ini agan mau ditransfer atau tidak!

Saya : kalau misalkan agan ingin transfer dan lanjutkan transaksi silahkan transfer dengan cara yang biasa! kalau misalnya agan tidak mau ya silahkan!

Si penipu ini pun langsung menutup telepon. Saat saya tanya lagi di chat BBM tiba-tiba kontaknya pun sudah hilang.

Saya pun tidak sempat menyimpan foto KTP-nya karena kontak sudah hilang. Untuk itu disini saya lebih menyarankan kepada rekan-rekan untuk TIDAK PERNAH BERTRANSAKSI ONLINE MENGGUNAKAN MANDIRI E-CASH, kecuali hanya untuk berbelanja di toko atau restoran.

Comments

Popular posts from this blog

Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian terakhir)

Indikator peringatan di motor Vixion menyala?

Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian ke-2)