Mengganti Ban Ninja 250 R


Sudah kurang lebih sekitar 3 tahun yang lalu si Ninin mengganti ban. Saat diperiksa kemarin, ban memang sudah aus. Terbukti saat mencoba perjalanan ke Garut, motor terasa tidak nyaman saat memasuki tikungan, terutama pada ban bagian depan. Dari pertama berkendara dengan si Ninin, ban selalu diselimuti oleh Battlax 90. Namun sekarang tipe ban tersebut sudah tidak diproduksi lagi oleh pihak Bridgestone (alasannya sih saya juga kurang ngerti ya). Oleh karena itu, terpaksa si Ninin harus menggunakan seri ban yang lain selain BT90.







Setelah sekian lamanya setia menggunakan ban Bridgestone seri Battlax 90, akhirnya pilihan tipe ban berikutnya adalah masih dari Bridgestone, namun seri yang digunakan adalah Battlax S20. Banyak yang mengatakan bahwa ban jenis ini merupakan produk baru dari Bridgestone untuk menggantikan model BT90. Awalnya ukuran ban yang biasa digunakan si Ninin adalah 120/60-17 untuk ukuran ban depan dan 150/60-17 untuk ukuran ban belakang dengan velg yang sudah diganti dengan velg Chemco ukuran 4,5 inch. Namun karena seri BT90 dan S20 memang berbeda, S20 dengan ukuran 150/60-17 ternyata tidak cocok jika digunakan di velg dengan ukuran 4,5 inch. Oleh karena itu, S20 yang akan digunakan memiliki ukuran 160/60-17.


Namun ternyata timbul masalah lain, ukuran arm ternyata tidak cukup untuk ban dengan ukuran sebesar itu. Terpaksa untuk bagian arm originalnya perlu ada sedikit modifikasi atau perubahan. Arm diubah atau "dipapas" bagian dalamnya agar ban bisa pas di arm. Hasilnya ban bisa masuk dengan mengorbankan arm dan mencopot spakbor aftermarket yang sebelumnya terpasang dibagian belakang karena tidak muat dengan ukuran ban yang lebih besar. Hasil akhir terlihat seperti foto disamping, disebelah kanan jarak antara ban dengan arm hanya berjarak beberapa cm saja, begitu pula dengan disebelah kiri jarak antara ban dengan rantai hanya beberapa cm. Sekarang si Ninin pun bisa melesat ditikungan dengan nyaman kembali.

Mudah-mudahan melalui tulisan ini, ada sedikit informasi yang bisa dijadikan referensi bagi teman-teman semua. Keep riding and keep safety, absolutely with all your proud.

Salam 250!

Comments

Popular posts from this blog

Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian terakhir)

Indikator peringatan di motor Vixion menyala?

Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian ke-2)