Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian ke-2)

Pada hari selasa tanggal 2 september 2014 oi pun membawa si vika ke BeRes di batununggal.
Selain menceritakan keluhan mengenai lampu indikator yang terus menyala, oi juga mengganti beberapa parts yang sudah waktunya untuk dilempar trus beli yang baru =D

Parts tersebut antara lain :
1) filter oli (ori vixion)
2) filter udara (ori vixion)
3) kampas kopling (ori scorpio)

Setelah menunggu sekian lama, mekanik pun datang menghampiri, dan mempersilahkan saya untuk masuk ke dalam bengkel. Kemudian terjadilah percakapan singkat seperti ini :
(A = mekanik B = oi)
A : "ini tu tadi komplain soal masalah indikator ya?"
B : "iya betul a *udah tau nanya lagi =D"
A : "tadi sudah saya periksa, mulai dari termostat, kipas, injector, ECU (*trus apa lagi ya, oi juga ga terlalu ngerti apa yang diomongin mekaniknya, pokonya dia bilang semua sudah di cek, hehehe) tapi semua ga ada masalah. Waktu indikator nyala mesin dalam keadaan dingin atau panas?"
B : "pokonya waktu pertama kali nyalain motor di rumah, si lampu indikator itu berkedip. Terus pas di bawa jalan indikatornya nyala terus, tapi klo lagi berhenti indikatornya malah udah ga nyala atau berkedip lagi"
A : "bisa jadi disebabkan oleh penggunaan lampu belakang yang sudah dimodifikasi. Takutnya ada kabel yang kurang pas atau salah sambung, nah itu juga bisa menyebabkan lampu indikator menyala. Kalau dibiarkan saja itu nanti bisa merusak kiprok dan ECU. Saran saya lebih baik diganti yang original saja"
B : "waduuh bisa bahaya juga ya! (*dalem hati sih oi juga udah tau klo itu mah, lagian pake lampu belakang LED juga udah sekitar 2 tahun lebih -_-) tapi klo bukan karena lampu LED gimana a?"
A : "yang penting semua komponen kelistrikan sudah saya cek, dan ga ada masalah. Kalau misalkan nanti lampu indikatornya tiba" menyala lagi kesini lagi aja a"

Setelah motor beres di servis, oi pun langsung bergegas pulang. Nah setelah 2 hari kemudian, gejala seperti itu muncul kembali. Waktu nyalain motor pagi" lampu indikator berwarna kuning ini nyala lagi. Waktu lampu utama dinyalakan si lampu peringatan ini malah bisa mati. Masa sih harus nyalain lampu besar terus biar lampu peringatan ga nyala lagi??

Kemudian esok harinya lagi, sewaku dalam perjalanan di dalam kota bandung, lagi" si lampu indikator ini menyala lagi -_-. Kali ini sedang berjalan seperti biasa, lampu besar juga dalam keadaan hidup. Kadang tiba" mati lagi kadang nyala lagi. Giliran mau dibawa ke BeRes eh malah lampu indikatornya mati. Bener" ini menyebalkan.

Mungkin sampai saat ini oi masih bingung penyebab masalah utama lampu indikator peringatan yang berwarna kuning ini. Karena motor juga bisa melesat seperti biasa, gejala motor mau mogok atau performa berkurang juga ga ada. Suatu saat jika masalah ini bisa terpecahkan, oi pasti share lagi di blog ini.

Tag :

Comments

  1. Vixion ane jga ketika mesin baru d nyalain lampu indikator kuning nyala 3 x, setiap d bwa kenceng nyala trus mati lagi, tp motor gk ada perubahan tetep stabil cm lampu kuning doang nyala,

    ReplyDelete
  2. mungkin jawabannya ada di artikel bagian terakhir ya gan :D

    ReplyDelete
  3. Ane pernah ngalami gan, cb cek bagian pendingin, mesin melesat tanpa ada kendala dan saat saya cek teryata cairan pendingin sudah mau abis, setelah di tambah normal kembali, mga ja sama masal ya...hehehe

    ReplyDelete
  4. Motor Vixion saya klo mesin udah panas indikator kuning nyala dan ga lama kemudian mati apany yg harus di ganti atau service

    ReplyDelete
  5. saya pernah ngalamin hal serupa...pada saat lampu indikatornya nyala, mesin nda bisa nyala...

    ReplyDelete
  6. Saya pernah ngalamin hal serupa,lampu indikator kuning menyala setelah dihidupin pakai kick stater,kira saya aki soak karena tdk kuat untuk hidupkn dengan starter,curiga di kelistrikan niat mau buka aki dan cek fuse,,hmm terlihat korosi,,,langsung saja saya cabut dan sedikit amplas,,begitu di pasang coba nyalakan stater cKikkikikk mbrummm....lampu indikator ga nyala lagi dan semua klistrikan normal,,,

    ReplyDelete
  7. Punya saya jg seperti itu gys'. Sewaktu di buat jln normal" saja tpi ada yg aneh waktu tarikan gas nya aku lepas itu lampu depanya jdi sangat redup dan jika di gas lagi kembali normal normal tpi ketika berhenti lampu indikator mesin nyala mesin mati kondisi kontak on'.

    ReplyDelete
  8. Punya saya jg seperti itu gys'. Sewaktu di buat jln normal" saja tpi ada yg aneh waktu tarikan gas nya aku lepas itu lampu depanya jdi sangat redup dan jika di gas lagi kembali normal normal tpi ketika berhenti lampu indikator mesin nyala mesin mati kondisi kontak on'.

    ReplyDelete
  9. kalo vixion mesin panas trus tiba2 motornya mati, meski dibuat jalan itu dari apanya ya bro?? ada yg pernah ngalamin disini??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kendala sama seperti saya coba cek di bagian kiprok nya.

      Delete
  10. Saya juga pernah mengalami hal yang sama, motor Vixion saya baru 1 minggu ambil dari dealer, di bawa jalan tiba2 lampu indikatornya nyala dan pernah juga sekali mati di jalan, lalu saya stater lagi masih bisa jalan, cuman lampu indicator nyala terus, besoknya di bawa jalan lagi tetap juga nyala lampu indikatornya, saya jadi khawatir, lalu saya bawa ke dealer katanya biasanya ada kabel pada aki yang agak kendor, lalu orang dealer membuka jok motor vixion saya dan mengencangi baut pada akinya setelah itu saya bawa jalan dan sdh 4 hari lampu indicator tidak menyala lagi, mkn itu pengalaman yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  11. Saya juga pernah mengalami hal yang sama, motor Vixion saya baru 1 minggu ambil dari dealer, di bawa jalan tiba2 lampu indikatornya nyala dan pernah juga sekali mati di jalan, lalu saya stater lagi masih bisa jalan, cuman lampu indicator nyala terus, besoknya di bawa jalan lagi tetap juga nyala lampu indikatornya, saya jadi khawatir, lalu saya bawa ke dealer katanya biasanya ada kabel pada aki yang agak kendor, lalu orang dealer membuka jok motor vixion saya dan mengencangi baut pada akinya setelah itu saya bawa jalan dan sdh 4 hari lampu indicator tidak menyala lagi, mkn itu pengalaman yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. Hal serupa sama..cuma dulu saat di bawa dari cimahi ke bandung tiba2 lampu indikator nyala dan berpengaruh pada mesin tiba2 brebet. Akhirnya hrus ganti kiprok. Nah sekarang kondisi sama juga..cuma gara2 di cuci steam mesin kondisi dingin eh di nyalain starter langsung nyala lampu indikator kuning berkedip, dan saat di coba gas malah kembali brebet. Apa kira2 yah? Masa harus ganti lagi kiprok.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Kemarin habis 1600K di bengkel resmi dgn kode lampu 46 setelah 1bln lampu indikator menyala lagi dgn kode 3x kedip dan lampu berwarna merah berkedip cukup lama saat melaju stabil namun saat macet mesin mati namun masih bisa d stater.
    Kira2 apa ya? Dan berapa perkiraanya.. Tolong masukannya?

    ReplyDelete
  15. Sama gan, vixion ane juga iya lampu indikatornya nyala terus, malahan motor ane sempet mogok seperti kehabisan bensin karena dispeedometer jarumnya sampe dibawah merah

    ReplyDelete
  16. jadi males nih vixion old injeksina jelek. dibetulingak lama cek engine tetap hidup lg...apa vixion adl product gagal ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian terakhir)

Indikator peringatan di motor Vixion menyala?