Masalah Pada Roda atau Rantai Motor Ninja 250R (Bagian Terakhir)

Pada pagi hari kemarin saya memeriksa gear bagian depan. Tidak langsung dibongkar, tapi saya lihat dulu dari luar. Saya melihat bahwa gear bagian depan memiliki permukaan yang tidak rata. Saya pun berpendapat bahwa gear depanlah penyebab masalahnya.

Pada saat yang sama, akhirnya motor pun dibawa ke BeRes. Setelah menjelaskan keluhan, akhirnya sumber masalahnya ditemukan. Ternyata memang benar, gear depan dan rantai lah penyebab utamanya. Sang mekanik menyarankan untuk melakukan penggantian gear belakang nya juga, meskipun masih layak pakai, namun gear set dari awal tahun 2010 memang belum pernah diganti.

Berikut daftar rincian harga gear set untuk old ninja 250R :

1. Gear/sprocket depan 14T = Rp 260.000
2. Gear/sprocket belakang 45T = Rp 140.000
3. Rantai/chain drive = Rp 1.150.000
4. Buka pasang gear rantai = Rp 65.000

Jadi total semua biaya adalah Rp 1.615.000. Setelah itu suara yang berisik aneh dan mengganggu itu akhirnya lenyap bagai ditelan bumi :D

Awalnya saya berniat untuk menggunakan parts aftermarket, namun karena menimbang dari segi harga yang tidak terlalu berbeda, maka pilihan pun jatuh pada parts original. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Terima kasih.




Sumber : Pengalaman Pribadi

Tag : Masalah Pada Roda atau Rantai Motor Ninja 250R

Comments

Popular posts from this blog

Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian terakhir)

Indikator peringatan di motor Vixion menyala?

Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian ke-2)