Masalah Pada Roda atau Rantai Motor Ninja 250R

Kurang lebih sekitar 2 minggu yang lalu, saya melakukan perjalanan dari Bandung menuju Cianjur. Sesampainya di Cianjur saya pun menyempatkan diri untuk mengunjungi saudara di Sukabumi. Awalnya motor terasa tidak ada masalah apapun. Memang medan perjalanan dari Cianjur menuju Sukabumi dan sebaliknya terbilang cukup berat, karena terdapat banyak jalan yang bergelombang, tidak rata, dan berlubang. Namun pada saat perjalanan dari Sukabumi menuju Cianjur, tiba-tiba motor mengeluarkan suara yang sangat mengganggu. Suara itu seperti suara gesekan kasar antara gear dan rantai.


Besoknya setelah kegiatan di Cianjur selesai, saya pun langsung menanyakan hal ini kepada ayah saya. Menurutnya hal ini pernah terjadi sebelumnya, yaitu ketika mengganti velg aftermarket yang lebih lebar namun tetap menggunakan bearing roda dan bosh bawaan velg aftermarket tersebut. Setelah bosh dan bearing rodanya diganti dengan yang menggunakan original kawasaki masalah tersebut hilang. Dugaan pertama ayah saya yaitu terjadi masalah pada bearing roda.


Meskipun hanya sebatas dugaan, namun akhirnya bearing roda belakang pun diganti dengan yang baru. Ternyata setelah mengalami pergantian bearing roda, suara yang mengganggu tersebut tetap muncul. Seorang mekanik di kawasaki pun menyarankan untuk mencoba menggunakan roda belakang milik teman yang tidak mengalami masalah yang serupa. Tujuannya adalah untuk mengetahui penyebab timbulnya masalah. Sampai saat ini, percobaan itu pun belum dilakukan, karena saya tidak ada seorang teman yang menggunakan jenis motor yang sama.

Berdasarkan analisis yang saya lakukan, masalah ini mungkin saja disebabkan oleh gear dan rantai motor. Setelah melakukan pemeriksaan, gear belakang dan rantai ternyata masih bagus. Untuk sementara gear depan masih belum diperiksa. Setelah ini, saya akan terus mencari jawaban dari masalah yang sedang dihadapi oleh si ninja 250. Perkembangan selanjutnya pasti akan saya posting lagi di blog ini.


Tag : Masalah Pada Roda atau Rantai Motor Ninja 250R (Bagian Terakhir)

Comments

Popular posts from this blog

Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian terakhir)

Indikator peringatan di motor Vixion menyala?

Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian ke-2)