Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian terakhir)
Sejak motor diservis di BeRes pada tanggal 2 september 2014, lampu indikator peringatan muncul kembali. Karena sudah terlanjur kesal saya pun jadi jarang menggunakan si vika. Namun karena motor yang lainnya jadi sering dipake oleh anggota keluarga yang lain, saya pun terpaksa terus menggunakan si vika dalam kondisi yang kurang sehat.
Pada tanggal 28 september 2014, saya berniat membawa si vika ke bengkel biasa. Niatnya adalah untuk mengganti kampas kopling. Saya sempat berpikir bahwa masalah ini mungkin muncul setelah saya mengganti kampas kopling dengan miliknya old Scorpio Z. Namun setelah saya pikir kembali, masalah lampu indikator peringatan ini sudah muncul sebelum saya melakukan penggantian kampas kopling. Akhirnya saya pun mengurungkan niat untuk mengganti kampas kopling.
Ke esokan harinya, tepatnya pada tanggal 30 september 2014, saya pun kembali ke BeRes untuk memeriksa kondisi si vika. Setelah melewati proses pendaftaran servis dan menunggu beberapa lama, saya pun dapat panggilan dari mekanik. Di dalam bengkel saya mendapat penjelasan mengenai akibat lampu indikator peringatan yang menyala.
Ternyata penyebab utamanya adalah :
1. Rectifier regulator (kiprok)
2. Spul
(Gambar diatas hanya ilustrasi, oi ambil dari mbah google).
Ternyata penyebab utamanya adalah kiprok dan spul yang terbakar. Normalnya tegangan yang seharusnya dihasilkan oleh kiprok berkisar antara 13,00-14,99 volt, sedangkan tegangan yang dihasilkan oleh spul adalah 0,3-0,99 volt (CMIIW). Sedangkan kiprok dan spul yang saat ini dipakai telah overcharge dengan kiprok berada pada +15,xx volt dan spul berada pada +1,xx volt. Sedangkan aki masih dalam kondisi normal.
Berhubung saat itu saya memiliki dana yang tebatas, terpaksa saya harus mengganti salah satu antara kiprok atau spul. Mekanik lebih menganjurkan untuk mengganti kiproknya terlebih dahulu. Namun setelah beberapa saat mekanik memberikan saya sebuah spul yang sudah tak terpakai. Spul tersebut kemudian di cek, dan ternyata masih dalam kondisi normal (0,6-0,7 volt). Akhirnya saya pun hanya mengganti kiproknya saja. Sedangkan spulnya diberikan secara cuma-cuma oleh sang mekanik =D.
Mengenai penyebab kerusakan kiprok dan spul, mekanik menjelaskan bahwa penggantian sistem kelistrikan dengan berbagai macam modifikasi dapat menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan itu sendiri. Sebagai contoh, penggantian lampu hid, klakson, atau kelistrikan lainnya yang belum tentu memiliki standar khusus tegangan untuk motor Vixion.
Salah satu kekurangan motor yang sudah menganut sistem injeksi memang terdapat pada kelistrikan, karena motor-motor injeksi memiliki sistem kelistrikan yang lebih kompleks dan lebih sensitif. Begitu pula dengan Vixion. Oleh karena itu, modifikasi kelistrikan pada motor injeksi tidak dianjurkan. Insinyur telah mendesain, merancang, dan mengkalkulasikan segala perhitungan untuk membuat sebuah motor. Segala bentuk perubahan atau modifikasi pasti terdapat beberapa hal dalam sistem motor itu sendiri yang harus dikorbankan.
Kesimpulannya adalah, indikator peringatan pada motor vixion terjadi bukan hanya masalah pada aki nya saja, namun juga bisa disebabkan oleh kiprok dan spul. Sebaiknya segera dilakukan tindakan penggantian sebelum kerusakannya menjalar ke aki motor. Sistem kelistrikan pada motor injeksi memang lebih rawan dan sensitif. Melakukan modifikasi pada motor injeksi memang tidak ada larangannya. Modifikasi sah-sah saja dilakukan, asalkan kita harus tau terlebih dahulu sebab dan akibatnya setelah melakukan modifikasi.
Mudah-mudahan pengalaman saya ini dapat menambah pengetahuan bagi siapa saja yang membacanya.
Setelah ganti kiprok dan spul, lampu indikator kuningnya bs normal (g nyala) lagi mas bro???
ReplyDeleteIya setelah ganti kiprok dan spul, lampu indikator tdk menyala lagi.. Semu kembali normal
Deletetapi saya dah ganti kiprog dan spul kok masih ndak bisa gan?
ReplyDeletetetep nyala kuning kl lampu dimatiin normal
Klo misalnya ganti kiprok dan spul masih tetap menyala, coba cek akinya. Tapi klo misalnya aki tidak ada kendala, coba cek sekring sama rumah sekringnya dulu. Karena kelistrikan itu gak akan jauh" dari kiprok, spul, aki, rumah sekring, atau sekringnya itu sendiri =)
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteGanti lampu saja om. Itu wattnya sdh terlalu besar. Dikarenakan tahanan lampu sdh lemah.
DeleteMakasih penjelasannya om....
ReplyDeleteKebetulan kasusnya sedang saya alami...
Thanks infonya gan.. sungguh bermanfaat^^
ReplyDeleteTerimakasih om artikel yang sangat membantu,kendala ini persis dengan apa yang saya alami saat ini,mudah2n si vixy saya bisa sehat lagi.
ReplyDeleteGan punya saya mio gt tapi saya sudah ganti kiprok sama aki lampu indikator juga masih nyala , dan juga pas motor itu rpm tinggi semua lampu itu redup redup gtu gan
ReplyDeletesudah cek spul nya gan?
DeleteGan punya saya mio gt tapi saya sudah ganti kiprok sama aki lampu indikator juga masih nyala , dan juga pas motor itu rpm tinggi semua lampu itu redup redup gtu gan
ReplyDeleteSekedar untuk berbagi agan" semua...
ReplyDeletecoba di cek dulu cdi nya motor agan"...
sebelum membeli cdi yg baru...
lebih baik agan" pinjammin cdi motor teman agan" semua utuk sekedar mengecek kerusakan sebelum ganti cdi yg baru...
mantap, saya juga setuju gan..
DeleteMakasih gan... saya udah ganti kiprok dan aki eeeh aki nya masih tekor... ngfak ngisi.. pas gue geber dikit ada bunyi ngiung ngiung gitu..... itu tandanya spulnya ya mas yang bermasalah
ReplyDeletebetul bro.. coba cek dulu dibagian spul nya..
DeleteTerimakasih ini sangat membantu sy. Tp sy heran motor sy jarang sekali di pake Km aja br23000 masak kiprok + spul dah rusak ya,
ReplyDeleteTerima kasih mas.. viby sy jg lg bermssalah yg sama.. setelah 5 tahun menemani.. akhirnya berkedip2 jg indikator warningnya..
ReplyDeleteTerima kasih mas.. viby sy jg lg bermssalah yg sama.. setelah 5 tahun menemani.. akhirnya berkedip2 jg indikator warningnya..
ReplyDeletegan kalo mio saya pengen jadi vixion gimana cara nya?
ReplyDeletejual mio nya terus beli vixion nya gan..
Deletepasti berubah motornya.. hihihihi
gan,saya mau tanya motor vixion saya lagi bermasalah lampu warnah orangenya kedip kedip terus,awalnya sih gak ada masalah...itu terjadi setelah saya membersihkan tempat klakson dikarenakan klkson saya gak merespon setelah saya chek memang kotor,selesai di bersihkan klaksonnya bagus lagi,ringkasnya pada saat saya lagi jalan lampu indikatornya menyala,apa mungkin berpengaruh membersihkan tempat klakson dengan lampu indikator.
ReplyDeleteKlaksonnya yang original atau yang aftermarket gan?
ReplyDeleteKemungkinan saat membersihkan tempat klakson ada kabel yang secara tidak sengaja tersentuh sehingga menyebabkan kabel tersebut menjadi kurang presisi, ada baiknya jika dicek ulang gan..
Kasus ini sedang saya alami sekarang om dengan old vixion kelahiran 2008. Sudah ganti aki malah... Ongkos ganti kiproknya brapa om...?
ReplyDeletekalau saya tidak salah harga kiprok old vixion itu dulu saya beli sekitar 350rb-an gan..
DeleteSaya telat bca artikel ini saya udd kburu beli aki baru krna kpepet lgi djlan mogok lngsung dch gnti aki jdi gk smpt brwsing dlu, awalny sh bgus normal tpi udd jln skitr 30km an kumat lgi pnykit naik trun ny rpm tuh
DeleteLampu indikator saya dngan irama 4/6. Terkadang batre ter isi dan trkadang tidak, ijin pe cerahanya gan....
ReplyDeletecoba cek akinya gan.. XD
DeleteSedikit tau 4/6 power suplay maslah um bisa aki ,kiprok or spull cek satu2 aja
ReplyDeleteSelamat pagi min..
ReplyDeleteKasus motor saya eror 46 min tpi sudah di check aki arus masuknya 14.7 kalau kiproknya masih panas..kalau spulnya g ada yg gosong tpi soket dari spul ke kiproknya gosong..
Kalau siang tanda eror 46nya gak ada cma kalau mlm pada waktu lampu hidup smua kode eror 46nya muncul kembali...
Mohon pencerahannya min..
sudah cek arus yang dihasilkan kiprok dan spul nya gan?
Deletewaktu siang hari lampu utama dinyalakan juga?
untuk kondisi lampu-lampunya standar atau pake yang aftermarket??
saran saya coba terlebih dahulu semuanya sesuai dengan standarnya gan :D
saya alami jg ni gan vixion sya asal di hidupin lampu sen nya dan lampu reem nya hdup,, langsung redup lampu utamanya dan rpm trun itu pas ketika gas langsam
ReplyDeletekiprok baru gan aki masih ok tpi spul nya blom di cek
Boleh diperiksa dulu aja gan spulnya.. Karena semua komponen kelistrikan saling berintegrasi.. Klo engga ya pasti ada masalah
Delete. Hehe
Gan gua mau tanya ni klo output injeksi vixion bisa gak beli tepisah atau sepaket sama injeksinya....
DeletePunyaq abis gnti lampu sen semua indikator semua nyala...trs kipas pd radiator sbelum jln jg udah nyala.....ap ini berbahaya buat kelistrikannya? Tolong pencerahannya bos
ReplyDeletePunyaq abis gnti lampu sen semua indikator semua nyala...trs kipas pd radiator sbelum jln jg udah nyala.....ap ini berbahaya buat kelistrikannya? Tolong pencerahannya bos
ReplyDeleteLampu indikator menyala bukan hanya karena masalah pengisian, masalah lain pun bisa menyebabkan lampu ind menyala, setiap lampu berkedip itu memberikan kode untuk masalah yang terjadi,
ReplyDeleteGan gua mau tanya ni klo output injeksi vixion bisa gak beli tepisah atau sepaket sama injeksinya....
ReplyDeleteKlo itu saya kurang tau gan hehe
DeleteKenpa yaaa motor saya mati. Awal nya aku lepasin alat2 nya karna mau bersih2 setelh bersih2 aq pasang lagi ee malh dk hidup lapu indikator hidup berkedip2
ReplyDeleteAlat" apa gan yg di lepas? Mungkin ada yg terlewat saat pasang lagi
DeleteLampu injektor nyala terus gan saat jalan karena habis di bongkar sampai blok sehernya gan minta solusinya ya gan
ReplyDeleteLampu indikator yg mana yg nyala gan? Klo yg kuning cek bagian kelistrikan nya aja, klo yg merah bisa jadi krn mesin overheat cek juga sistem pendingin di motornya
DeleteKiprok saya rusak trs sama mekaniknya di lepas kabel colokannya karena nunggu dana buat beli kiprok kan lumayan tuh.... apa itu brpengaruh k mesin atau komponen lainnya..mohon penjelasannya
ReplyDeleteGan ada referensi tutorial cara mengganti sendiri spull old vixion gak gan ??
ReplyDeleteGan motor saya gk kuat buat starter dan hidup lampu indikator kuning nya.. Setelah saya bawa ke beres. Katanya harus ganti spull. .katanya aki saya daya nya melemah.. Dan setelah aki saya dicas kMbali motor saya normal. Bisa hidup kembali.. Cuma mekanik nya bilang suruh ganti spull kalo nggak nnti mati lagi.. Gmana ya gan..
ReplyDeleteTolong pencerahan nya gan
ReplyDeleteNumpang tanya apa spul pengaruh kematinya ijecti juga?
ReplyDeleteTerima kasih share ny .. saya juga juga mengalami seperti ini ...cerita sama persis seperti ini
ReplyDeleteDan sekarang penyakit itu menular di vixi saya heheheheh .ni baru pulang dari bengkel resmi alhasil spull gosong kiprok K.O abis dah 800rb ... + bongkar injeksi .. Indikasi lampu nyala di sertai ngadat gara gara pasang lampu LED yg watnya kegedean plus klakson polisi ... ... Kenadehh batunya hhhhh
ReplyDeletegan mau tanya Old vixion saya akinya cepet tekor , lampu redup, gak bisa di stater atas kalau di kick stater bwah bisa hidup tapi hbis tu mati, kira rusak apanya yaa gan apa kiproknya
ReplyDeletedan muncul kode 46 an
Deletegan klo ganti kiprok apakah harus satu set sama spul nnya
ReplyDeleteOm.. vika saya . Kenapa klw saya bawa kencang mati sendiri . Tpi lampu indoktor nya engak nyala. Semua normal. Cuman mesin nya aja tiba2 mati. Dan setelah mati itu. Di stater motor nya hidup lagi..? Mtor nya gx bisa lari di atas 100.. knapa gitu ya.
ReplyDelete