Cloud Computing

Mungkin sebagian dari kita baru mendengar istilah cloud computing. Sebenarnya cloud computing itu apa sih? Cloud computing itu adalah komputasi awan (bahasa Indonesianya, red. :P). Jadi maksud dari komputasi awan yaitu sebuah paradigma, sebuah perpaduan atau gabungan antara pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan aplikasi berbasis web.

Lalu apa bedanya dengan pemakaian komputer biasa selama ini? Pada pemakaian komputer biasa, diperlukan sistem operasi (OS) dan program aplikasi. Sistem operasi ini sangat menentukan program aplikasi, contohnya kita menggunakan sistem operasi Windows maka aplikasinya pun harus berbasis Windows. Jika sistem operasi yang kita gunakan adalah Windows 7 32bit, maka program aplikasi yang akan di-install pun harus sesuai atau compatible dengan OS tersebut. Program aplikasi seperti ini dapat disebut sebagai aplikasi desktop.


Cloud computing memiliki 3 jenis layanan berdasarkan kebutuhannya, yaitu :

1. SaaS (Software as a Service)
SaaS ini merupakan layanan Cloud Computing yang paling dahulu populer. Software as a Service ini merupakan evolusi lebih lanjut dari konsep ASP (Application Service Provider). Dengan konsep SaaS, pelanggan tidal memiliki kendali penuh atas aplikasi yang mereka sewa atau yang mereka gunakan, tetapi hanya mengendalikan fitur-fitur aplikasi yang telah disediakan oleh penyedia saja.

2. PaaS (Platform as a Service)
Seperti namanya, PaaS adalah layanan yang menyediakan modul-modul siap pakai dan dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Seperti layanan SaaS, pengguna tidak memiliki kendali penuh terhadap sumber daya komputasi dasar seperti memori, media panyimpanan, processing power, dal lain-lain. Jarang sekali yang tahu bahwa Facebook juga bisa dianggap menyediakan layanan PaaS karena memungkinkan kita untuk membuat aplikasi di atasnya.

3. IaaS (Infrastructure as a Service)
IaaS adalah sebuah layanan yang "menyewakan" sumberdaya teknologi informasi dasar, yang meliputi media penyimpanan, processing power, memori, sistem operasi, kapasitas jaringan, dan lain-lain.

Bukan tidak mungkin, bahwa suatu saat aplikasi berbasis web mampu mendominasi aplikasi berbasis desktop. Namun salah satu kekurangan dalam menggunakan layanan Cloud Computing adalah ketergantungan terhadap ketersediaan jaringan internet. Dengan kata lain, jika kita membutuhkan aplikasi layanan Cloud Computing maka kita harus menggunakan koneksi internet yang pastinya membutuhkan biaya.

Itulah sekilas perkenalan mengenai Cloud Computing. Mudah-mudahan dapat menambah wawasan, serta menjadi referensi bagi kalian yang sedang mencari informasi ini.

Comments

Popular posts from this blog

Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian terakhir)

Indikator peringatan di motor Vixion menyala?

Indikator peringatan di motor Vixion menyala? (Bagian ke-2)